Pentingnya Safety Talk Sebagai Usaha Mencegah Kecelakaan

Satu perusahaan yang menjalankan kilang dalam banyak hal peluang dapat berlangsung seperti kecelakaan kerja.

 

Resultado de imagem para  Pentingnya Safety Talk Sebagai Usaha Mencegah Kecelakaan

 

Tiap-tiap orang dimana saja ada, siapa saja dia mungkin alami satu kecelakaan. Ditambah lagi apabila tengah lakukan satu kegiatan atau ada dalam lingkungan orang yang tengah bekerja. Tiap-tiap kecelakaan kerja telah pastinya akan merugikan pekerja tersebut ataupun perusahaan, perusahaan di dalam menggerakkan semua aktifitasnya senantiasa berupaya untuk menghimpit sekecil mungkin terjadinya kecelakaan kerja yang dikarenakan beragam factor, beragam usaha selalu dikerjakan oleh perusahaan untuk menghindar terjadinya kecelakaan kerja hingga kerugian – kerugian yang begitu fatal baik dari perlengkapan ataupun dari manusianya bisa dihindarkan. Dari beragam usaha yang dikerjakan perusahaan sebagai langkah mencegah kecelakaan kerja, salah nya ialah dengan melakukan program Safety talk untuk semua pekerja tanpa ada terkecuali.

 

Dalam safety talk kesempatan ini materi yang dibicarakan yaitu ; “Pentingnya Safety talk sebagai usaha mencegah kecelakaan kerja ” Safety talk adalah satu diantara fasilitas penunjang dalam usaha menghindar terjadinya bahaya ditempat kerja, dan beragam permasalahan pekerjaan bisa kita diskusikan (dengan cara teoritis), untuk lalu bisa diaplikasikan dan dipraktekan hasil dari diskusi itu dilapangan/plant, dengan safety talk dapatlah tingkatkan pengetahuan kita pada :

 

  • Pekerjaan yang kita hadapi dan bahayanya dan penanggulangannya.
  • Procedure kerja.
  • Perlengkapan safety (alat-alat pelindung diri).
  • Komunikasi.

 

Tingkatkan pengetahuan pekerjaan yang kita hadapi dan bahayanya dan penangulangannya.

 

Makin banyak kita melakukan pekerjaan/pekerjaan dan tanggung jawab yang didapatkan maka membuat kita makin memiliki pengalaman juga bahkan juga dapat semakin familier dengan pekerjaan dan tanggung jawab itu, hingga kita makin tahu dengan kondisi lingkungan tempat bekerja dan akan dengan cepat juga mengatasinya apabila berlangsung masalah atau kondisi darurat.

 

Tingkatkan pengetahuan mengenai prosedur kerja.

 

  • Dari pengalaman – pengalaman sampai kini makin kita kerap lakukan pekerjaan yang sama hingga kita jadi punya kebiasaan dan membuat kita makin kuasai pekerjaan itu, namun dilain pihak jadikan kita terlena dengan kekuatan itu, karena kita telah punya kebiasaan mengerjakannya kadang-kadang jadikan kita lupa, gegabah dan sembrono dengan yang namanya prosedur kerja, mengakibatkan dapat fatal pada perlengkapan ataupun manusianya.
  • Jika kita bekerja memakai prosedur kita telah terproteksi apabila berlangsung hal – hal yg tidak kita kehendaki, karena yang akan bertanggungjawab yaitu yang mempersiapkan, mengecek dan mengesahkan prosedur itu.

 

Tingkatkan pengetahuan kita pada alat – alat pelindung diri.

 

  • Tiap-tiap pekerja memiliki tanggung jawab yang sama untuk bekerja yang aman dan selamat, pada intinya kita semuanya tahu bahaya-bahaya yang mungkin muncul di tempat ruang kerja kita semasing dan alat-alat pelindung diri apa sajakah yang perlu kita gunakan.
  • Perusahaan sudah sediakan dan memcukupi peralatan dan kelengkapan alat pelindung diri (helm, sepatu safety, vest dll), diinginkan bisa dipakai dengan cara baik dan pas.

 

Tingkatkan kekuatan kita berkomunikasi.

 

Di dalam safety talk ini tanpa ada sadar kita juga belajar berkomunikasi, kapan kita mesti dengarkan, kapan kita mengungkapkan pendapat, janganlah main potong saja pada saat orang lain mengungkapkan gagasannya dampaknya mungkin orang itu tersinggung, terlebih apabila kita tengah bekerja komunikasi memegang fungsi begitu penting, jika kita terima atau berikan perintah yg tidak terang atau salah mengakibatkan dapat fatal.

Komunikasi yang baik adalah satu manifestasi/cerminan dari keakraban dan kebersamaan kita sampai akan membuat situasi yang intim, hangat dan serasi yang selanjutnya akan membuat kebersamaan, hingga dalam kita bekerja keseharian akan merasa enteng dan nyaman. 

Write a comment

Comments: 0