Trik Safety Memegang Kabel Listrik Bertegangan

 Umumnya orang takut dengan yang namanya listrik. Bahkan juga, seringkali cowok yang berpenampilan macho dengan otot kekar meskipun takut dengan hal- hal yang berbau listrik. Walau sebenarnya, adakalanya listrik dirumah kita alami masalah akibat tingkah tikus, dikonsumsi umur maupun kwalitas kabel/instalasi yang buruk. Sesungguhnya, ketakutan akan listrik karena kurangnya pengetahuan mengenai listrik.

 

Image result for listrik tegangan

 

Lalu, apa yang butuh di perhatikan saat kita bekerja dengan listrik?

 

Listrik yang dipakai orang-orang biasanya bertegangan 220V, atau lebih di kenal dengan listrik 1 phase. Sedang listrik yang bertegangan 380v biasanya dipakai oleh industri seperti pabrik, tempat tinggal sakit, kampus, sekolah, yang biasa dipakai untuk menggerakkan mesin-mesin 3 phase.

 

Setelah itu saya akan menerangkan segi keselamatan dalam mengatasi listrik 1 phase Listrik 1 phase umumnya terbagi dalam 1 kabel api (hot/phase/line) dan 1 kabel netral. Jika ikuti standard keamanan yang baik, maka ada penambahan kabel massa/ground yang umumnya disimbolkan dengan warna kuning -hijau. Kadang-kadang, terdapat banyak teknisi 'abal-abal' yang salah mengatasi listrik. Sebagai contoh, kabel ground pada AC split dikople dengan kabel netral. Walau sebenarnya, aksi ini dapat mengakibatkan orang kesetrum jika menyentuh body AC yang terbuat dari logam konduktif saat dihidupkan.

 

Jika Anda menginginkan menyambung kabel listrik bertegangan tanpa ada harus mengambil keputusan aliran listrik, yakinkan Anda memakai aturan 1 tangan dan menggunakan sepatu safety karet non-konduktif. Yakinkan juga Anda memegang dengan tentu/tanpa ada sangsi karena jika Anda sangsi, tangan Anda condong renggang/bergetar yang dapat mengakibatkan percikan api. Saat memegang listrik bertegangan 220V, bukanlah bermakna Anda bebas dari sengatan listrik, tetapi kurangi kemungkinan terjadinya kematian. Anda akan tetaplah rasakan aliran listrik pada tangan Anda tetapi resikonya tak sebesar saat Anda memakai ke-2 tangan.

 

Saat Anda menyentuh kabel terbuka yang bertegangan, badan Anda akan jadi sejenis konduktor. Tingkat resistensi (tahanan) badan seorang juga tidak sama. Badan kita akan jadi makin konduktif saat tangan kita basah/berkeringat. Jika Anda masihlah beberapa sangsi, Anda dapat memakai pertolongan tang berisolasi untuk menyambungnya.

 

Selain itu, menggunakan sepatu karet saat bersinggung dengan listrik bukanlah bermakna Anda aman dari kematian. Jika Anda memegang kabel terbuka bertegangan di tangan kiri dan tangan kanan memegang kabel tidak bertegangan yang tersambung dengan jaringan/beban, maka arus listrik akan mengalir dari tangan kiri Anda melalui jantung Anda lalu ke tangan kanan Anda lalku ke kabel yang tersambung dengan jaringan/beban. Pastinya hal semacam ini akan begitu fatal mengakibatkan dan dapat mengakibatkan kematian walau Anda sudah menggunakan sepatu safety karet. Berikut pentingnya memerhatikan aturan 1 tangan. Karena jika kita memakai ke-2 tangan, jantung kita akan jadi sirkuit listrik yang menjembatani tangan kanan dan tangan kiri.

 

Jadi, tingkat keamanan bukan sekedar pada perlengkapan safety yang Anda pakai, tetapi juga pengetahuan dan aksi Anda memastikan keselamatan Anda 

Write a comment

Comments: 2