7 Tips Kurangi Kecelakaan Kerja di Area Kerja

 Bukanlah rahasia lagi, industri pertambangan yaitu satu diantara usaha yang mempunyai resiko tinggi berkaitan keselamatan kerja. Terutama, awal th. ini, kecelakaan berlangsung di ruang kerja satu diantara perusahaan tambang paling besar yang aktivitas operasi produksinya dibagian Timur Indonesia.

 

Image result for proyek konstruksi

 

Walau kecelakaan itu tak persis berlangsung didalam ruang penambangan, tetapi peristiwa ini sudah membuat pemerintah, dalam soal ini Menteri ESDM mengimbau beberapa perusahaan tambang ataupun perusahaan yang lain yang melibatkan aktivitas produksi untuk tingkatkan keselamatan kerja dalam aktivitas produksinya.

Karenanya, jika Anda adalah satu diantara yang bekerja di industri dengan tingkat resiko keselamatan yang tinggi, begitu penting kalau Anda mengambil beberapa langkah keselamatan tersebut untuk terlepas dari resiko yang membahayakan diri Anda, seperti yang dianjurkan oleh Michala Maly, seseorang analis yang berokus pada project management danworkplace compliance :

 

1. Janganlah abaikan bahaya

Langkah awal untuk melindungi keamanan diri Anda yaitu mengerti kenyataan kalau bekerja di pertambangan mempunyai resiko keselamatan yang tinggi. Karenanya, coba untuk tetaplah siaga dalam tiap-tiap kesibukan pekerjaan yang Anda kerjakan. Kecelakaan dengan efek besar bisa berlangsung karena satu kecerobohan kecil.

 

2. Tugas-tugas yang berisiko memerlukan rencana dan komunikasi

Saat berencana satu pekerjaan, hal yang butuh Anda fikirkan tidak cuma bagaimana merampungkan pekerjaan itu lewat cara yang seefisien mungkin. Tetapi, fikirkan dan rencakan juga resource yang lain, seperti memberi saat dan duit sebagai aspek penting dari kriteria tentang safety (keselamatan). Coba tidak untuk meremehkan keselamatan kerja dari tiap-tiap karyawan saat berusaha untuk penuhi tenggat saat dan tingkatkan kwalitas pekerjaan. Semuanya resiko mesti dinilai, termasuk juga peluang kecelakaan. Dengan memberi instruksi yang pasti dan mendidik, hal itu bisa kurangi resiko kecelakaan yang mungkin berlangsung.

 

3. Peroleh kursus profesional

Semuanya anggota tim mesti melakukan kursus keselamatan dengan cara teratur. Kursus teratur ini semestinya bukan sekedar berlaku untuk anggota tim barusan. Bahkan juga, karyawan lama juga tetaplah mesti teratur ikuti pelatian itu. Session kursus yang memiliki kandungan teori dan komponen praktis bisa menolong beberapa karyawan dalam mengaplikasikannya saat lakukan pekerjaan mereka. Atau, untuk pekerja yang mempunyai peran yang cukup berisiko, bisa lakukan kontrol kesehatan fisik untuk memastikan apakah mereka dapat mengambil tuntutan fisik dari pekerjaan mereka.

 

4. Senantiasa kenakan peralatan safety

Dari mulai helm, kacamata, dan sarung tangan, sepatu safety, semuanya komponen safety ini adalah standard yang perlu dipakai oleh tiap-tiap orang dan setiap waktu.

 

5. Pengawasan tim

Semuanya anggota tim mesti ikuti instruksi keselamatan tanpa ada pengecualian. Seseorang supervisor harus juga rajin menindaklanjuti dan menegakkan ketentuan. Pengawas juga butuh tahu kehadiran semuanya anggota tim di semua tempat dan di tiap-tiap shift. Demikian pula, semuanya pekerja mesti selalu di beri info apa yang dikerjakan anggota tim yang lain selama seharian. Coba untuk membuat ketentuan yang bisa menghindar tiap-tiap anggota tim untuk tidak mematuhi ketentuan tentang keselamatan kerja.

 

6. Dokumen prosedur keselamatan

Saat kecelakaan berlangsung, semuanya anggota tim mesti tahu persis apa yang perlu dikerjakan. Prosedur keselamatan mesti didefinisikan dengan terang. Saat mendokumentasikan prosedur keselamatan, berikanlah juga deskripsi beragam momen yang mungkin berlangsung, apa yang butuh dikerjakan dan siapa yang perlu dihubungi. Prosedur keselamatan mesti dipertunjukkan dengan cara terang di tempat yang gampang di akses oleh kebanyakan orang.

 

7. Patuhi standard keselamatan paling baru

Yakinkan semuanya perlengkapan keselamatan dilayani dengan teratur dan penuhi semuanya standard keamanan paling baru. Jangan sampai berusaha untuk menghemat perlengkapan keselamatan. Jika item tak akan sesuai sama standard keselamatan sekarang ini, cepatlah untuk menggantinya. Bahkan juga jika hal itu beresiko pada meningkatnya cost yang dibutuhkan atau penundaan proyek. Jangan sampai biarlah tiap-tiap orang memakai perlengkapan keselamatan yang telah usang.

 

Jumlah insiden yang berkaitan dengan keselamatan di industri, terutama industri tambang memanglah cukup tinggi. Walau sebenarnya, sebagian tragedi yang berlangsung dapat dihindari. Sebaiknya tidak untuk mengulangi kekeliruan yang sudah di buat oleh orang lain. Walau resiko keselamatan tidak bisa di hilangkan seutuhnya, dengan ikuti sebagian tips diatas bisa menolong untuk kurangi tingkat kecelakaan yang berlangsung. 

Write a comment

Comments: 0