Pentingnya Safety Morning Talk

Kebijaksanaan dan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah bagian integral program perbaikan keadaan dan lingkungan kerja, yang memiliki arti yang begitu penting baik untuk menghindar kecelakaan kerja ataupun untuk penambahan efisiensi dan produktivitas kerja.

 

Pada saat ini, saya akan berbagi mengenai Safety Morning Talk (SMT) di mana saya pada saat waktu lalu sudah menuturkan mengenai System Management Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Dalam SMK3 ada program K3 yang harus untuk disusun oleh tiap-tiap perusahaan yang mengaplikasikan SMK3. dalam program itu ada salahsatu aktivitas yakni Safety Morning Talk.

 

Image result for Pentingnya Safety Morning Talk

 

Pertama apakah Safety Morning Talk ini? Safety Morning Talk yaitu satu cara untuk mengingatkan karywan atau pekerja kalau K3 bagian yang begitu penting dalam pekerjaan. Safety talk yaitu pertemuan yang dikerjakan teratur pada karyawan atau pekerja dan supervisor untuk mengulas beberapa hal tentang K3. Safety talk cara termudah membuat perlindungan karyawan atau pekerja dari cidera. Safety talk adalah satu diantara fasilitas penunjang dalam usaha menghindar terjadinya bahaya ditempat kerja, dan beragam permasalahan pekerjaan bisa didiskusikan, untuk lalu bisa diaplikasikan dan dipraktekan di lapangan.

 

Safety Morning Talk pada intinya mempunyai tujuan untuk memberitahukan bahaya-bahaya yang ada dalam satu pekerjaan. Dalam aktivitas Safety Morning Talk beberapa pekerja diberikan info mengenai apa sajakah pekerjaan yang tengah berjalan, info bahaya yang pada umumnya serta menghadapi bahaya itu. Yang seringkali dikerjakan yaitu peringatan selalu untuk memprioritaskan keselamatan sendiri lewat cara kenakan APD (Alat Pelindung Diri) yang sesuai sama pekerjaan dan bahaya yang ada. Dan Pemakaian alat yang sesuai sama pekerjaan seperti, sepatu safety, masker, helm, rompi, dan lain lain.

 

Tiap-tiap SMT yang berjalan akan di uraikan oleh Safety Officer yang seyogyanya lebih tahu bahaya yang ada di semua ruang kerja serta beberapa supervisor dan management yang disebut ujung tombak dari terlaksananya program K3 di ruang kerja (proyek). Jadi janganlah berasumsi kalau Safety yaitu yang bertanggungjawab pada K3 tetapi semua pekerja yang ada dalam ruang itu.

 

Safety Morning Talk atau SMT sangat penting, karena bisa meminimalisasi bahkan juga hindari kecelakaan kerja di satu ruang kerja. Oleh karenanya, disetiap perusahaan yang mengaplikasikan SMK3 harus lakukan SMT sekurang-kurangnya 1 kali dalam satu minggu jika seringkali semakin lebih bagus.

 

Sekian pemaparan kami mengenai Safety Morning Talk, mudah-mudahan bisa berguna bagi beberapa pembaca. terimakasih 

Write a comment

Comments: 4