7 Tips Mendaki Gunung secara Aman dan Nyaman bagi Pendaki Pemula

Terkecuali backpacking, mendaki gunung saat ini telah jadi satu diantara inspirasi traveling yang demikian popular di orang-orang. Jika dahulu anda hanya lihat kesibukan mendaki gunung umum dikerjakan oleh beberapa orang profesional maupun sekurang-kurangnya mereka yang berhimpun di club pencinta alam, tidak sama dengan saat ini. Seolah-olah banyak orang-orang—khususnya dari kelompok muda—yang seolah berlomba untuk mengalahkan gunung-gunung yang mempunyai pemandangan mengagumkan. Walau sebenarnya mungkin saja, mereka belum ada pengalaman sekalipun terlebih dulu tentang pendakian gunung.

 

Related image

 

Tingginya ketertarikan orang-orang juga di pengaruhi oleh banyak film yang mengambil topik pendakian. Anda juga mungkin termasuk juga satu diantara orang yang mendadak jadi tergila-gila pada gunung dikarenakan habis melihat Everest maupun 5 Cm. Karena melihat film-film itu juga, anda juga segera miliki kemauan kuat untuk dapat meraih puncak gunung tertentu.

 

Sesungguhnya tak ada yang salah dengan hoby mendaki gunung. Tetapi bagi anda yang masihlah berstatus pendaki pemula, anda mesti mempunyai tips mendaki gunung yang pas agar kegiatanmu itu berjalan aman dan nyaman. Untuk menolong anda menyelesaikan keinginanmu menjejakkan kaki di puncak gunung, kita miliki sebagian tips mendaki gunung spesial untuk kamu yang baru pertama kalinya coba naik gunung.

 

1. Latih Fisikmu dua hingga tiga kali Lipat dari pada Biasanya

Mendaki gunung tidak cuma masalah style maupun beberapa suka, namun juga pertaruhan hidupmu di alam bebas yang menjumpai banyak tantangan. Oleh karena itu, anda mesti melatih fisik sebelumnya menuju gunung yang akan anda capai puncaknya.

 

Ini karena mendaki gunung memerlukan fisik sempurna. Bila anda tidak sering olahraga, mulai saat ini berolahragalah dengan cara teratur minimum sepanjang tiga bln. supaya fisikmu siap mendaki gunung yang anda kehendaki. Jika anda telah punya kebiasaan olahraga, tingkatkan kesibukan olahragamu jadi dua hingga lipat dari pada umumnya jika memanglah merencanakan mendaki gunung kurun waktu dekat. Tips mendaki gunung ini penting dikerjakan supaya anda tak gampang kelalahan saat mesti hadapi medan gunung yang berat.

 

2. Tekuni Gunung yang Akan Anda Daki

Setiap gunung mempunyai medan lintasan yang tidak sama keduanya. Bahkan juga pendaki profesional juga kadang-kadang kesusahan meniti jalur satu gunung dibanding gunung yang lain tanpa ada persiapan yang masak. Persiapan itu berbentuk pencaritahuan info medan dan kondisi gunung yang akan didaki.

 

Bagi pendaki pemula, tips mendaki gunung ini dapat mesti jadi catatan penting. Anda mesti mencari data tentang gunung yang akan didaki dan pelajarinya dengan baik. Langkah tersebut dikerjakan agar anda tak kaget dengan medan yang anda jumpai dalam pendakian. Pelajari gunung yang akan anda daki juga jadi tips mendaki gunung yang dapat menolong menyiapkan mental anda sebelumnya naik gunung.

 

3. Pakai Carrier yang Nyaman di Pundak

Janganlah sekali-kali coba menggunakan tas lain terkecuali carrier jika akan mendaki gunung. Walau sekilas anda rasa dapat ganti alat bawamu dengan ransel umum, kenyataannya itu akan membuat kamu kesusahan menyimpan semua peralatan pendakian yang jumlahnya banyak. Mungkin saja akibat keunggulan muatan, strap ranselmu akan copot hingga semakin menyusahkan pendakianmu.

 

Pikirkan saja, saat mendaki gunung, anda mesti membawa semua peralatan pribadi pada umumnya, jaket hangat, sleeping bag, dan logistik yang jumlahnya dapat meraih berkilo-kilo. Oleh karena itu, diperlukan tas tangguh seperti jenis carrier yang dapat menyimpan muatan sampai beberapa puluh liter, bergantung ukurannya. Saat memilih carrier untuk menanjak juga tak bisa asal-asalan. Pilihan carrier dari memiliki bahan kanvas yang tahan air dengan bagian penyandang bahu yang empuk, misalnya yaitu yang di produksi Lienzo Journey Pack. Strap bahu begitu penting buat kamu perhatikan karena anda mesti memanggul tas carrier-mu sepanjang perjalanan naik gunung yang menggunakan saat berjam-jam lamanya.

 

 

 

4. Sediakan Peralatan dan Logistik dengan cara Cermat

 

orang berkesan meremehkan permasalahan peralatan dan logistik untuk naik gunung. Mereka berasumsi peralatan dan logistik yang dibutuhkan akan sama juga saat anda melakukan traveling biasanya. Walau sebenarnya, keperluan peralatan dan logistik sepanjang pendakian jauh semakin banyak dan lebih repot!

 

Anda mesti meyakinkan membawa peralatan tidur yang gampang dibawa dan nyaman sejenis sleeping bag. Kompas, senter, jas hujan, pisau lipat, hingga perlengkapan makan portabel juga tak bisa ketinggal untuk turut dan dalam pendakianmu. Tentang logistik, bawalah bahan makanan yang agak banyak dan sediakan air minum cadangan jika anda menjumpai keadaan darurat didalam pendakian. Tips mendaki gunung ini memanglah berkesan sederhana, tetapi akan begitu menyusahkanmu jika anda tak mematuhinya. 

 

 5. Ingatlah, Mendaki Gunung Itu Bukanlah Fashion Show

 

Anda termasuk juga orang yang modis dan begitu memerhatikan tampilan di semua situasi? Lupakan sesaat rutinitas itu saat anda mulai mengambil keputusan untuk menanjak gunung. Tinggalkan semuanya pakaian modismu dan bertukarlah kenakan pakaian gunung yang nyaman dan menghangatkan, dan tak membatasi ruangan gerak badanmu.

 

Jika anda lihat ada film-film tentang pendakian gunung yang beberapa pemainnya memakai celana jeans maupun flat shoes, itu yaitu hal yang tidak mungkin. Celana jeans hanya membuat kamu tak leluasa bergerak dan membuat anda lebih kedinginan saat malam hari. Memakai celana training bahkan juga legging akan jauh tambah baik jika menginginkan menghangatkan diri di dalam dinginnya gunung. Untuk masalah alas kaki, sandal gunung seperti buatan Piede dapat jadi pilihan dengan pijakannya yang empuk dan alasnya yg tidak licin. Jika ingin menggunakan sepatu safety, cari sepatu yang mempunyai sol tebal dari karet dan kuat agak pijakanmu makin mantap. Ingatlah, anda harus selalu mengambil langkah dalam periode waktu lama untuk hingga ke puncak gunung.

 

6. Janganlah Mengakibatkan kerusakan Apa Juga yang ada di Lokasi Pendakian

Jeleknya beberapa pendaki pemula yaitu mereka sering hanya mencari keindahan, tanpa ada ingin melestarikan keindahan itu. Itu mungkin berlangsung kepadamu juga. Kagum lihat cantiknya bunga-bunga edelweis, ada hasrat anda menginginkan memetiknya. Jika anda telah mempunyai kemauan itu bahkan juga sebelumnya pendakian diawali, selekasnya urungkan.

 

Baiknya anda tak mengakibatkan kerusakan apapun yang ada di lokasi pendakian sepanjang perjalanan anda menuju puncak gunung. Di dalamnya termasuk juga anda tak diijinkan menuai bunga maupun meninggalkan tumpukan sampah demikian. Anda tidak mau bukanlah jika gunung yang anda daki nantinya pada nanti jadi tak cantik dikarenakan tingkah mengakibatkan kerusakan darimu maupun pendaki yang lain. Ingatlah kalau yang bisa di ambil dalam pendakian hanya bebrapa photo pemandangan yang cantik dan keren dan yang bisa ditinggalkan hanya jejak kaki anda dan kawan-kawanmu, beberapa pendaki.

 

7. Janganlah Pergi Tanpa ada Rekan yang Berpengalaman

Niatmu bisa jadi demikian besar. Latihan fisikmu telah anda lakoni ditambah dengan persiapan yang masak. Tetapi ingatlah, gunung tak mudak dikalahkan. Diperlukan pengalaman yang besar supaya dapat survive dalam pendakian menuju puncaknya.

 

Oleh oleh karena itu, dalam satu group pendakian mesti ada orang yang telah memiliki pengalaman naik gunung dibanding rekan-rekan yang lain yang masihlah berstatus pendaki pemula. Rekan yang memiliki pengalaman ini bisa jadi pemimpin group untuk buka jalan maupun memberikan instruksi apa sajakah yang harus dikerjakan disuatu kondisi yang anda jumpai di dalam gunung. Jika anda tidak bisa mengajak rekanmu yang telah memiliki pengalaman mendaki manfaat naik gunung berbarengan, tambah baik urungkan dahulu kemauan mendaki gunungmu itu hingga temukan rekan memiliki pengalaman yang bersedia temani pertualanganmu menanjak gunung.

 

Mendaki gunung tidaklah semudah yang anda pikirkan dan yang umum anda saksikan di film-film. Perjalanan menuju puncaknya membutuhkan usaha yang demikian keras hingga diperlukan tips mendaki gunung yang pas supaya pendakian kalian aman dan nyaman. Tetapi yakinlah, dibalik usaha keras yang demikian melelahkan untuk menaiki gunung, masa lalu akan panorama yang mengagumkan di puncaknya akan tidak dapat dilupakan seumur hidup dan ditanggung membuat anda ketagihan untuk mendaki gunung-gunung lain. 

Write a comment

Comments: 0