Tips Liburan ke Sumatera Barat

 Wisata di Sumatera Barat tengah menggeliat. Banyak traveler domestik dan mancanegara bersama-sama datang untuk melihat keindahan alam disana. Tetapi, minimnya info akan cost dan akses untuk dapat liburan di Sumbar terkadang menciutkan kemauan mereka.

 

Tidak butuh takut, sebab ada tips bagi Anda yang menginginkan traveling ke Sumatera Barat dengan Best Tour Travel Jakarta. Seperti di bawah ini :

 

Tentukan Saat Yang Tepat

Selama th. adalah saat yang baik untuk berwisata ke Sumatera Barat. Hal semacam ini karena Sumbar tawarkan bermacam kesibukan dan obyek wisata. Di saat musim hujan anda dapat berkunjung ke tempat tertutup yang aman dari hujan seperti Istana Basa Pagaruyung, Museum – museum di Sawahlunto dan Lobang Jepang di Bukittinggi.

 

Tetapi jika anda mengincar wisata pantai atau bahari dan gunung maka tentukan di musim kemarau di sekitaran bln. April hingga Oktober. Bagi yang sukai dengan wisata air terjun, saat yang baik yaitu saat peralihan musim dari hujan ke kemarau seperti bln. Maret, ketika itu debet air terjun masihlah deras hingga enak dilihat.

 

Diluar itu, anda butuh memerhatikan musim padat kunjungan atau high season ataupun peak season seperti saat lebaran atau long weekend. Di saat itu harga – harga akan naik terlebih untuk ticket pesawat, sewa mobil, sewa kapal dan penginapan. Tidak hanya itu sewaktu itu Sumbar akan diserang dan ramai dipadati wisatawan! Jadi bersiap-siaplah dengan keadaan jalan yang lebih macet dan object wisata yang disesaki wisatawan.

 

Susun Itinerary Dengan Baik Dan Benar

Sumatera Barat itu yaitu propinsi yang mempunyai potensi wisata yang komplit, satu minggu juga akan tidak cukup untuk menjelajahi semua. Namun bagi anda yang mempunyai terbatasnya saat tak perlu cemas. Dengan membuat itinerary dengan cara baik dan benar, maka kurun waktu yang singkat anda dapat berkunjung ke banyak beragam obyek wisata yang menarik. Di bawah ini yaitu satu diantara contoh itinerary yang dapat anda menjadikan dasar, di click ya. Jika tidak bener nyusun itinerary dan milih rute yang searah, ya siap-siap saja setelah saat di jalan.

 

Pergi Sepagi Mungkin

Ada orang bijak yang menyampaikan kalau “barangsiapa yang tidak dapat bangun lebih awal maka dia akan tidak lihat indahnya matahari terbit” jika dianalogikan bukan sekedar indahnya matahari terbit saja yang diliat tetapi keindahan – keindahan yang lain. Dengan bangun lebih awal kita ketika trip kita dapat berkunjung ke tempat – tempat indah semakin banyak dari pada orang yang mulainya agak siangan.

 

Sumatera Barat itu sangat banyak tempat kece sebagai misalnya nih ya perjalanan dari Padang ke Bukittinggi, di selama jalan anda akan temukan sebagian spot menarik salah satunya Air Terjun Lembah Anai, Pintar Sikek, Sate Mak Sukur dan banyak lagi, bila anda berangkatnya lebih awal maka anda dapat singgahi tempat itu sebelumnya tiba di tujuan paling utama.

 

Mengajak Rekan Jalan

Tips ini berlaku bagi anda yg tidak dapat jalan – jalan sendirian atau lebih sukai jika ramai – ramai bareng rekan. Anda dapat mencari rekan jalan di beberapa komunitas atau komune yang terkait dengan dunia traveling. Karenanya ada rekan seperjalanan anda dapat menghemat biaya seperti untuk cost penginapan karena anda dapat berbagi saat pembayaran diluar itu dapat juga menghemat untuk cost sewa kendaraan, sewa kapal dan lain – lain. Semakin banyak rekan pastinya semakin murah, sebagai contoh jika anda yaitu penggemar wisata bahari dan mengingingkan one day trip jelajah pulau umpamanya ke Pasumpahan – Pagang – Pamutusan, anda juga menghubungi operator yang umum lakukan trip ini, jika anda hanya sendiri atau berdua maka anda akan dipakai cost Rp 350 ribu per orangnya, namun bila kami jalan bareng kian lebih 5 orang maka untuk trip ini hanya Rp 250 ribu, tuh, berapakah penghematan yang dapat anda kerjakan? 100 ribu, lumayan kan.

 

Sewa Kendaraan di Tempat Yang Terpercaya

Untuk berkunjung ke beragam object wisata yang ada di Sumatera Barat lebih praktis dengan menyewa kendaraan, di Kota Padang atau Bukittinggi banyak tersedia layanan penyewaan mobil dengan harga rata – rata /harinya Rp 350 ribu tanpa ada sopir, jika gak ingin ribet dapat pula sekalian dengan sopirnya dengan harga Rp 550 – 750 ribu, harga itu umumnya telah termasuk juga dengan BBM. Cari tempat persewaan mobil yang terpercaya, umpamanya dia miliki situs yang up-date, miliki nomer yang dapat dihubungi, miliki kantor dan lain-lain.

 

Senantiasa Isi Penuh Bahan Bakar

Mesti disadari kalau ketersediaan SPBU di Sumatera Barat masihlah terbatas, bila anda masihlah ada di kota besar seperti Padang dan Bukittinggi mungkin itu akan jadi permasalahan tetapi saat anda tengah berkendara dari destinasi satu ke destinasi yang lain yang mana anda akan melalui jalan pedesaan maka anda akan kesusahan untuk temukan SPBU atau sekalinya ada antriannya panjang banget dan itu mengonsumsi saat atau sekalinya ada namun Pertamini dengan kata lain bensin eceran yang harga nya lebih mahal dari harga market, bila anda gunakan motor masihlah tidak jadi masalah karena hanya butuh isi 1 – 2 liter, lha bila mobil? oleh karenanya begitu dianjurkan isi bahan bakar dengan penuh.

 

Pakai Provider Kartu Selular Dengan Tanda Kuat

Hal semacam ini penting manfaat memberitahu pada kerabat dekat dimana saja anda ada, dan yang pasti panorama alam di Sumatera Barat itu oke miliki, tentu tergerak untuk photo – photo dan unggah ke Media sosial agar eksis, hal semacam ini dapat dikerjakan bila tanda di hape anda kuat. Hehe..

 

Makan Dengan Bijak

Kebanyakan orang tau bila kuliner minang memanglah enak dan tentunya begitu menarik untuk dicoba terlebih segera ditempat aslinya ada. Tetapi, konsumsilah dengan bijak, kuliner minang di kenal dengan rasa pedas dan bersantan, bagi anda yg tidak kuat dengan makanan pedas sebaiknya dijauhi, ada banyak lho makanan khas minang yang engga pedas dan tetaplah enak seperti ayam pop dan gulai manih.

 

 Berhubungan Dengan warga Lokal

Saat berkunjung ke satu object wisata umpamanya Lembah Harau, coba berhubungan dengan warga lokal di sana. Jika telah kenal mereka akan suka hati memberitahu tempat – tempat anti mainstream lho. Seperti air terjun Murai Ubahang, jalur menuju pucuk Sarasah Aie Luluih dan banyak lagi.

 

 

Terkecuali berhubungan dengan warga lokal anda dapat juga minta untuk diajari bhs lokal, dengan kuasai bhs lokal dapat memudahkan anda di terima orang-orang. Pada intinya orang Minang ramah – ramah dan terbuka, terlebih bila anda solo traveler, nyasar – nyasar di warung – warung, nanya – nanya Insha Allah anda tentu selamat. Penulis sempat juga rasakan hal semacam ini saat menjelajahi Lembah Harau seseorang diri, bermula dari bertanya – bertanya jadi dijamu seperti keluarga.

 

Janganlah Takut Untuk Menawar

Terkecuali wisata alam dan budaya, Sumatera Barat juga mempunyai destinasi untuk berwisata berbelanja. Untuk lakukan hal semacam ini kita dapat bertandang ke Bukittinggi terutama Pasar Atas atau Pasar Bawah, di sana tersedia banyak beragam penganan khas Sumatera Barat yang dapat jadikan oleh – oleh untuk kerabat salah satunya yaitu keripik sanjay, kerupuk jangek (kulit sapi), dakak – dakak dsb. Sebelumnya beli sebaiknya bertanya harga nya dahulu dan kita mesti pandai – pandai menawar supaya tak terjerat dengan harga yang membuat kantong jebol, tetapi tawarlah dengan harga yang masihlah masuk akal ya.

 

Tanyakan Tarif Lokal Guide

Dalam memakai local guide tanyakan dahulu tarifnya. Di museum – museum umumnya local guide itu free of charge dengan kata lain gratis. Namun di sebagian tempat itu berbayar dan memiliki tarif tertentu, terlebih yang yang perannya merangkap sebagai ranger. Deal harga dari pertama dan minta info detailnya.

 

Kenakan pakaian yang sopan

Sebagian besar orang-orang Minangkabau yaitu penganut islam dan begitu disarankan supaya kenakan pakaian sopan, tak terbuka, dan menghormati etika – etika dan kebiasaan lokal.

 

Tersebut 12 tips jika menginginkan liburan ke Sumatera Barat, jika anda seseorang yang barusan akan ke Sumbar maka sebaiknya anda ikuti tips – tips ini, ditanggung berlibur anda di Sumbar akan mengasyikkan. Mari ke Sumbar! 

 

 

Write a comment

Comments: 0