6 Hal Ini Cuma Bisa Kamu Lihat Saat Merayakan Hari Kemerdekaan

 Hari kemerdekaan negara kita akan tiba sebentar lagi. Hari peringatan ini membuat bln. Agustus jadi lebih khusus bagi semua rakyat Indonesia. Di hari itu, anda tidak cuma memperingati hari di mana kemerdekaan bangsa kita diproklamasikan, tetapi anda dapat juga nikmati nuansa perayaan yang hanya dapat anda jumpai di hari-hari mendekati tanggal 17 Agustus.

 

Tidak yakin? Berikut 6 hal yang dapat anda dapatkan eksklusif hanya pada hari-hari mendekati Independence Day of the Republic of Indonesia.

 

Upacara Pengibaran Sang Saka Merah Putih

Hal yang Cuma Bisa Kamu Temukan Menjelang Hari Kemerdekaan

Hal yang harus dikerjakan dan jadi simbolisasi hari kemerdekaan pastinya yaitu upacara pengibaran bendera negara kita terkasih. Upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih di istana negara jadi hal yang tentu dikerjakan dan ditunggu-tunggu orang-orang Indonesia.

 

Memanglah tidak kebanyakan orang dapat ada dan ikut serta segera dalam sistem upacara pengibaran di istana negara. Namun, anda dapat tetaplah lihat siaran segera prosesinya di TV karena akan ditayangkan dengan cara segera. Di tanggal itu, beberapa besar orang-orang Indonesia akan buka siaran upacara itu dari sebelumnya pengibaran, proses pengibaran, sampai penurunan Sang Saka Merah Putih.

 

Terkecuali di istana negara, sekolah-sekolah, kampus, sampai perusahaan juga senantiasa mengadakan upacara pengibaran bendera lho!

 

Lomba tradisional diselenggarakan di beberapa tempat

Hal yang Cuma Bisa Kamu Temukan Menjelang Hari Kemerdekaan

Terkecuali diadakannya upacara bendera, beragam lomba tradisional juga pastinya akan menghiasi peristiwa peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Contoh lombanya ada lomba panjat pinang, tarik tambang, balap karung, makan kerupuk serta balap bakiak. Semuanya lomba itu memerlukan hubungan kerja tim serta semangat juang yang mengingatkan kita pada perjuangan beberapa pahlawan terdahulu.

 

Perlombaan ini tidak hanya diselenggarakan untuk memperingati kemerdekaan negara kita lho, namun juga untuk mempererat jalinan beberapa warga setempat. Anda dapat ikut ikuti atau melihat lomba yang seru serta kocak ini di sekitaran rumahmu.

 

Bendera merah putih dapat anda jumpai dimana-mana

Hal yang Cuma Bisa Kamu Temukan Menjelang Hari Kemerdekaan

Mendekati hari kemerdekaan, anda dapat lihat sederetan bendera merah putih dimanapun anda pergi. Tidak hanya di gedung-gedung dan di selama pinggir jalan, anda akan menemukannya di depan tiap-tiap tempat tinggal di komplek anda, termasuk juga rumahmu sendiri. Pengibaran bendera merah putih di depan tempat tinggal telah jadi keharusan tiap-tiap warga Indonesia saat memperingati hari kemerdekaan.

 

Biasanya, orang-orang dihimbau untuk menempatkan bendera sepanjang 5 hari, yakni dari tanggal 14 hingga 18 Agustus. Pastinya bendera yang anda gunakan sebaiknya bendera berkondisi layak, bermakna tidak ada bagian yang rusak, robek, luntur, kusut, maupun kusam. Jika mengibarkan bendera rusak, anda dapat dipakai sanksi lho. Jadi janganlah lupa teliti keadaan bendera di rumahmu ya. Jika mesti ubah, anda dapat memperolehnya dari sederetan pedagang bendera yang banyak bermunculan di bln. kemerdekaan.

 

Lagu Nasional dikumandangkan

Hal yang Cuma Bisa Kamu Temukan Menjelang Hari Kemerdekaan

Bersamaan mengembangnya jaman, makin banyak genre musik baru sebagai trend dan difavoritkan generasi muda, misalnya Hip Hop dan K-pop. Jika anak muda di tanyakan mengenai lagu nasional, mungkin yang di ketahui hanya lagu Indonesia Raya saja. Hal semacam ini dapat pula karena sebab system pendidikan yang kurang mengenalkan lagu-lagu nasional ke murid-muridnya.

 

Tetapi di bln. kemerdekaan berikut beberapa generasi muda dikenalkan dengan lagu-lagu nasional itu. Lagu-lagu ini kembali terdengar siaran TV, radio, sampai kafe-kafe. Janganlah heran juga jika anda ada mendengar lagu-lagu nasional yang di remix jadi lagu Dangdut atau Pop.

 

Kerja bakti untuk hari kemerdekaan

Hal yang Cuma Bisa Kamu Temukan Menjelang Hari Kemerdekaan

Hal yang satu ini umumnya hanya dapat anda dapatkan ketika mendekati peringatan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus. Tidak hanya bekerja bersama saat ikuti lomba panjat pinang saja, di bln. Agustus, beberapa warga setempat akan mengadakan kerja bakti untuk bersihkan lingkungan di sekitaran, menempatkan bendera merah putih di jalan, serta mengecat atau melakukan perbaikan gapura yang ada di RW tempat tinggalnya.

 

Kebiasaan unik yang diselenggarakan di setiap daerah

Hal yang Cuma Bisa Kamu Temukan Menjelang Hari Kemerdekaan

Indonesia memanglah negara yang terbagi dalam kebudayaan yang tidak sama namun masih tetap satu. Karena ketidaksamaan itu, setiap daerah dapat mempunyai langkahnya sendiri untuk merayakan hari kemerdekaan. Umpamanya, di kota Semarang, beberapa warga setempat teratur lakukan lari estafet dengan obor tiap-tiap tahunnya sebagai lambang semangat beberapa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan.

 

Warga kota Palembang juga miliki tradisinya sendiri, yakni kebiasaan Telok Abang. Telok Abang yaitu nama dari telur yang dicat berwarna merah. Umumnya Telok Abang ini akan ditancapkan atau ditempel ke mainan-mainan yang berupa kapal laut, pesawat, dan bahkan juga sepeda motor. Kebiasaan Telok Abang ini yaitu sinyal kebahagiaan orang-orang setempat dalam memperingati kebebasan Republik Indonesia dari penjajahan.

 

Ke enam hal di atas hanya dapat anda dapatkan di negeri ini pada saat perayaan 17 Agustus saja. Adakah kebiasaan unik di komplek perumahan atau kota rumahmu dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia? 

Write a comment

Comments: 0