10 Makanan Khas BETAWI Yang Harus Kamu Coba!

 

Jakarta! Kota kita yang satu ini memanglah penuh dengan surprise! Terlebih makanan khas nya… Rasa di semuanya masakan nya bener-bener penuh dengan surprise. Nah, bagi lo yang lagi bingung karena sangat banyak nya makanan khas Betawi yang enak di ibu kota terkasih ini, Jakarta Eating Guide kali ini kita akan mencari tau beberapa tempat yang lo kudu kunjungin!

 

1. Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani, Tanah Abang

Nah, ini dia satu diantara masakan khas Betawi paling favorite! Bagaimana tidak? Nasi yang wangi dimasak dengan sari kelapa, dipaduin dengan ayam, tempe, tahu goreng, sate jeroan, dan tentunya, sambal yang nendang… Bagaimana tidak buat ngeces selalu! Satu diantara yang paling mantap pastinya ditempat yang satu ini. Lo telah dapat kenyang dengan hanya dibawah Rp. 30. 000an saja kok. Mantap kan?

 

2. Rumate, Menteng

Ditempat yang satu ini, lo dapat dapetin satu masakan khas Betawi yang gokil banget rasa-rasanya. Apakah itu? Apa lagi jika bukanlah NASI ULAM! Nasi ulam tuh nasi putih digabung dengan serpihan kacang yang super gurih, dan dihidangkan dengan telur, tempe, bihun, dan sebagainya. Ditempat ini, yang kudu lo cobain yaitu NASI ULAM DENDENG (Rp. 31. 000) nya. Ditanggung ketagihan, terlebih jika dipakein sambel nya yang nendang!

 

3. Soto Betawi H. Mamat, Serpong

Nah, ini dia masakan khas Betawi paling enak! SOTO BETAWI! Di Jakarta, tidak sering loh ada soto Betawi yang bener-bener enak. Untungnya kita ada Soto Mamat! Soto ini memang dari dahulu senantiasa jadi favorite, paling legendaris deh! Gurih dan enak banget! Terlebih cocok dikonsumsi panas-panas… Mantap setelah!

 

4. Asinan Bonbin, Cikini

Ingin cobalah asinan yang juara? Nih, cobain asinan racikan mantap banget ditempat ini! Meskipun populer dengan gado-gado nya, tempat yang satu ini dapat miliki asinan yang rasa-rasanya PECAH di mulut! Satu jumlah hanya Rp. 18. 000an saja. Komplit dengan sayuran yang fresh, disiram saus yang lezat banget! Kudu dicoba!

 

5. Ketupat Sayur CNI, Puri Indah

Buat kalian beberapa pengagum ketupat sayur, pastinya harus cobain nih ketupat sayur ditempat yang satu ini. Isi nya banyak, lengkap dengan telor, daging, dan tahu, disiram dengan kuah santan yang gurih banget! Satu jumlah Rp. 25. 000 saja kok. Pantes saja populer banget!

 

6. Gado-Gado Cemara, Setiabudi

Wah, simak dari fotonya saja telah mengundang selera banget kan? Rasa-rasanya tidak kalah GOKIL sama photo nya! Pokoknya, jika singgah ke tempat ini, yang harus lo pesen pastinya Gado Gado Lontong (Rp. 33. 000) yang padat dengan sayuran fresh dan lontong yang empuk! Pantes saja bumbu kacang nya enak, soalnya pakai kacang mede. Unik deh!

 

7. Laksa Betawi Asirot, Kebon Jeruk

Pantes saja masakan khas Betawi yang satu ini sulit ditemuin dimana-mana. Kaya bumbu-bumbu dan sulit deh membuat gabungan rasa yang cocok! Di dalam langka nya masakan yang satu ini, pastinya tentu ada yang enak dong. Cobain nih laksa Betawi ditempat ini! Legendaris banget!

 

8. Soto Tangkar & Sate Kuah Daging Sapi H. Diding, Bogor Utara

Yang satu ini bener-bener GOKIL! Meskipun letaknya bukanlah di Jakarta, bumbu nya enak banget, asli racikan Betawi, gurih banget rasa-rasanya! Terlebih dipakein peresan jeruk nipis yang buat rasa-rasanya semakin tidak terlupakan! Gue jamin lo akan terus menerus ketagihan deh. Terlebih yang pakai daging dan kikil… Satu jumlah saja tidak pernah cukup!

 

9. Tempat tinggal Baba, Fatmawati

Nah, jika yang satu ini, bener-bener BETAWI banget dah! Janganlah ngaku lo orang Betawi jika lo belom cobain yang satu ini! Jajanan cocok banget nih buat siang hari yang panas banget. Satu diantara yang enak pastinya di Tempat tinggal Baba. Best seller loh! Hanya Rp. 17. 500 dan gede!

 

10. Sop Buntut Ibu Henny, Kelapa Gading

Yang satu ini terkecuali enak, unik juga! SOP BUNTUT BAKAR (Rp. 60. 000) disini bener-bener PECAH! Saus nya gurih banget, buatan sendiri! Meresap di tiap-tiap gigitan daging nya yang EMPUK dan JUICY! Lantas dihidangkan dengan semangkuk sup yang rasa-rasanya juga mantap setelah! Ditanggung NAGIH! 

 

Write a comment

Comments: 0