Alat keselamatan Kerja di Kapal

Tidak hanya untuk orang yang bekerja di darat, alat keselamatan juga sangat penting untuk dipakai oleh para pekerja yang berada diatas kapal laut. Keselamatan diri adalah prioritas yang utama yang perlu di perhatikan saat bekerja. Bahkan standard keamanan di kapal terkadang mempunyai ketentuan yang lebih ketat untuk diikuti oleh semua crew kapal dari pada standard keamanan di darat. Hal semacam ini karena bagian – bagian kapal yang berbeda jadi sebuah kesatuan utuh yang perlu selalu dalam keadaan baik agar kapal bisa berlayar dengan semestinya dan tidak tenggelam. resiko kecelakaan mungkin terjadi saat memperbaiki komponen didalam. untuk itu pemakaian alat keselamatan kerja di kapal harus di perhatikan dengan baik. Di bawah ini adalah alat perlindungan diri bagi crew kapal untuk menjamin keselamatan dalam bekerja.

 

Alat keselamatan kerja di kapal sangat penting

 

  • Baju yang dipakai yaitu jenis “Boiler Suit”, material ini melindungi pekerja secara menyeluruh dari tangan sampai kaki pada bahan yang berbahaya seperti minyak, cairan kimia, percikan api saat proses pengelasan dan yang lain.
  • Helm sebagai alat pelindung utama kepala saat bekerja di kapal. Helm bisa melindungi kepala dari runtuhan material atau saat terjatuh. Helm safety umumnya mempunyai tali pada dagu yang dapat disesuaikan ukurannya dengan pengguna.
  •  Sepatu safety di gunakan sebagai pelindung kaki saat jalan di area kapal. Terlebih saat ada di ruangan kargo atau mesin yang rata-rata keras dan panas. Memakai safety shoes melindungi kaki pengguna dari hal-hal yang bisa membahayakan seperti itu.
  • Hand Safety atau pelindung tangan berbentuk sarung tangan. Macam dan fungsinya sesuai dengan keperluan kapal itu misalnya sarung tangan untuk melindungi dari benda panas, sarung tangan las, atau sarung tangan untuk bahan kimia.
  • Googles atau pelindung mata digunakan untuk melindungi mata dari cidera akibat kemasukan benda. Bisa debu yang ada di kapal, atau percikan api intensitas tinggi saat melakukan proses pengelasan.
  • Plug (pelindung telinga) adalah alat keselamatan kerja di kapal yang sangat vital bagi crew yang ada di ruang mesin. Hal semacam ini karena nada yang ditimbulkan pada mesin kapal mencapai 110-120 db sehingga dapat membahayakan gendang telinga. Untuk mengatasi hal itu, pekerja menggunakan plug untuk mengatasi masalah pendengaran yang terjadi.
  • Safety harness berupa seperti tali pengaman, dipakai oleh crew yang bekerja pada ketinggian. Ujung safety harness diikat pada titik yang kuat pada kapal, dan ujunga satunya pada crew yang bertugas.
  •  Welding/perisai yaitu alat keselamatan kerja di kapal untuk divisi pengelasan. Alat ini melindungi crew dari paparan langsung percikan api dan sinar ultraviolet yang keluar saat proses tersebut .

 

Memakai perlengkapan safety adalah kewajiban. Untuk pembelian perlengkapan safety terlengkap anda bisa mengunjungi toko sepatu safety online di jakarta. Selain produknya berkualiatas dan  harganya pun terjangkau.

 

 

 

 

 

 

 

 

Write a comment

Comments: 1
  • #1

    sex telefon (Tuesday, 17 January 2017 14:31)

    zmobilizowane