Fungsi dan Manfaat Sepatu Safety

Menurut Ketentuan Personal Protective Equipment atau disingkat PPE regulations, sepatu safety adalah satu diantara Personal Protective Equipment checklist yang perlu di penuhi perusahaan industry untuk Keselamatan Bekerja. Sepatu ini dilengkapi pengeras depan dari baja (steel toe cap) yang dipasang pada bagian depan sepatu, pelindung baja berfungsi memperkuat bagian depan sebagai pelindung jari-jari kaki dari benda berat, pukulan, benturan, timpaan barang berat yang jatuh menimpa kaki, dan bahaya lain yang berhubungan dengan lingkungan kerja yang bisa menjadi kecelakaan kerja, sehingga jari kaki para pekerja dapat telindungi dari akibat yang fatal.

 

 

 

Pentingnya Sepatu Safety (Safety Shoes) :

 

Mengurangi efek atau menghindarkan terlukanya jari-jari kaki dari hantaman, tusukan atau timpaan benda yang berat dan keras ketika terjadi kecelakaan kerja. Oleh karena itu pada bagian depan Sepatu Safety di beri pelindung dari lempengan baja sehingga resiko patah tulang atau permasalahan yang lain dapat dijauhi.

 

Mengurangi efek atau menghindari luka bakar pada kaki pekerja ketika terserang paparan api atau panas di pabrik las listrik, pengelolaan lampu, pemadam kebakaran dan yang lain. Oleh karena itu Safety Shoes terbuat dari Kulit asli (Genuine Leather) yang tahan pada api pada derajat panas tertentu dan lama paparan yang sudah memenuhi standard.

 

Menghindarkan terjadinya slip atau terpeleset karena licin ketika menginjak oli atau minyak yang ada pada lingkungan pekerjaan. Oleh Karena itu bagian Sol dari sepatu safety terbuat dari komponen yang Oil Resistance dan tebal.

 

 

 

Pengguna Sepatu Safety

 

Pada awal kemunculannya safety shoes dibuat dengan dengan desain yang mirip dengan sepatu boots untuk di pakai oleh pekerja-pekerja proyek, pertambangan, manufacturing, dan konstruksi, namun pada perkembangannya sepatu safety mengadaptasi sebagian model formal dan casual yang biasa dipakai bekerja di kantor/office ataupun berjalan-jalan atau santai. hingga saat ini juga gunakan untuk para bikers touring atau pengendara motor dan juga koki restouran.

 

 

 

Pekerja konstruksi mempunyai resiko tinggi, bisa saja ada paku, maupun kejatuhan palu dan benda-benda tajam berbahaya yang lain. Terlebih jika tengah aktif bekerja seperti mengaduk semen, sudah sering sekali kita melihat peristiwa kecelakaan kaki separti kaki terserang sekop. Diluar itu Chef atau juru masak/Koki Masak restaurant, juga menggunakan sepatu safety, Biasanya untuk Chef yang diutamakan yaitu slip resistance, karena mereka bekerja dalam lingkungan yang relatif di dapur yang basah maupun licin karena minyak dll.

 

 

Chef menggunakan/mengenakan sepatu safety. Bahkan petugas kesehatan juga harus menggunakan sepatu safety shoes, bayangkan jika dalam kondisi darurat, dokter atau susternya yang mengalami kecelakaan kerja, ingin membantu pasien jadi terbawa/ikut celaka.

 

Write a comment

Comments: 31