Bagaimana Merawat Sepatu Berbahan Kulit Imitasi ataupun Asli

 

Selama ini wanita yang menjalani profesi sebagai wanita karir biasanya melengkapi baju muslimahnya dengan memakai sepatu kulit agar tampak lebih casual saat pergi ke kantor. Tetapi banyak di antara mereka tak mengerti bagaimana menjaga sepatu kulitnya dengan baik dan benar. Kebanyakan di antara mereka menjaga sepatu kulitnya sama dengan sepatu-sepatu yang lain, tetapi nyatanya bahan kulit memiliki cara perawatannya sendiri. Bahan kulit, baik yang imitasi ataupun asli memang harus dirawat dan butuh kondisi penyimpanan khusus agar kondisinya tetaplah terjaga. Jika tidak, sepatu kulit akan mudah berjamur, menjadi kering dan akhirnya mengelupas. Berikut beberapa tips mengenai bagaimana merawat sepatu berbahan kulit asli ataupun imitasi

 

Tips Merawat sepatu berbahan kulit asli ataupun imitasi

  1.  Jangan langsung terkena cahaya matahari,  Jika sepatu kulit sudah terlanjur terendam air, maka jangan Anda langsung jemur dibawah sinar matahari. Hal itu dapat membuat kulit pada sepatu menjadi retak-retak atau terkelupas dan cepat rusak. Alangkah sebaiknya diangin-anginkan saja. Biarkan sepatu kering secara alami atau Anda angin-anginkan di depan kipas angin. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan alat bantu hairdryer untuk mengeringkannya.
  2. Menggunakan kain halus,  Anda dapat menggunakan kain halus dan sikat yang berbulu halus untuk bersihkan sepatu dari kotoran. Tetapi, jangan terlalu keras menggosoknya karena dapat membuat sepatu Anda jadi cepat rusak. Diluar itu, Anda juga bisa menggunakan baby oil yang berguna untuk membersihkan atau mengangkat noda sepatu. Baby oil juga bisa menjaga keawetan kulit pada sepatu Anda.
  3. Hati-hati saat mencucinya dengan air sabun, Sepatu kulit sebenarnya tak perlu dicuci karena kecerahan kulitnya dapat memudar. Anda cukup membersihkannya dengan lap yang sedikit basah saja. Jika menginginkan memakai sabun atau shampo, maka Anda harus kembali bersihkan sepatu sampai bersih dari shampo atau sabun, lalu mengeringkannya.
  4.  Hindari menyimpan sepatu kulit ditempat yang terkena cahaya matahari langsung agar kulit sepatu tak jadi kering, dan juga hindari tempat-tempat yang lembab agar sepatu tidak berjamur.
  5. Selalu simpan sepatu dalam kondisi bersih dan kering karena kotoran yang menempel dari luar rumah bisa menumbuhkan kuman dan jamur, apalagi jika sepatu disimpan dalam kondisi basah.
  6.  Jika kaki Anda berkeringat, biasakan untuk mengangin-anginkan sepatu setelah digunakan. Walaupun sedikit, keringat yang mengendap di sepatu kulit akan menyebabkan bau tak enak.
  7. Silica gel harus tetap ada pada kotak sepatu,  Anda bisa menyimpan sepatu kedalam kotak sepatu yang dilengkapi dengan silica gel. Silica gel berguna untuk mengawetkan sepatu kulit Anda. Jika Anda tidak ingin menyimpannya didalam kotak sepatu, maka simpanlah didalam lemari kaca yang pastinya mempunyai rongga udara dan tak mudah dimasuki debu. 5. Menaruh sepatu dalam keadaan kering Anda dianjurkan untuk menyimpannya sepatu saat dalam keadaan yang bersih dan kering karena kotoran yang melekat bisa menumbuhkan kuman dan jamur pada kulit sepatu. Terlebih lagi yang paling harus Anda hindari yaitu menyimpannya dalam keadaan basah. Itulah cara merawat sepatu kulit agar awet. Jika kaki Anda berkeringat setelah menggunakannya, maka angin-anginkanlah sepatu itu sebelum disimpan. Ketahuilah kalau keringat yang mengendap di sepatu kulit akan menimbulkan bau yang tidak enak nantinya.

Semoga artikel di atas dapat membantu ya.. Untuk anda yang sedang mencari sepatu safety berbahan kulit silahkan mengunjungi jual sepatu safety di palembang. Sepatu dapat di kirim ke seluruh kota yang ada di indonesia dan bergaransi. Yuk segera melunjur ke TKP.

 

 

 

 

 

 

 

Write a comment

Comments: 1